Perss Release Kutilang Indonesia Birdwatching Club (KIBC)

burung-kutilang-421

Perss Release

Kutilang Indonesia Birdwatching Club (KIBC)

Visi : Mewujudkan masyarakat pengamat burung Indonesia yang berkualitas dan professional

Misi :

1. Peningkatan eksistensi pengamat burung Indonesia dengan mekanisme grading yang lebih jelas dan terukur

2. Penyebarluasan kegiatan pengamatan burung bagi masyarakat umum

3. Mendorong kesadaran masyarakat ke arah pelestarian alam dan burung-burung

Berawal dari sebuah ekspedisi oleh 6 orang Pioneer untuk mencari keberadaan sang Lambang Negara GARUDA selama 5 hari (1-5 Juni 2008). Hari pertama (1 Juni 2008) kami melihat seekor Elang Jawa (Spizaetus bartelsi ) terbang bebas diatas lereng timur bukit Plawangan. Dia berputar-putar tanpa mengepakkan sayap lalu meluncur ke arah utara. Kami sangat bersyukur dapat melihatnya terbang bebas di angkasa dan berdasarkan arah terbangnya, kami curiga terdapat sarang Elang jawa di daerah utara. Hari kedua, kami bergerak lebih ke utara sehingga sampai di sebuah hutan yang disebut sebagai ‘Alas tekek’. Untuk mencapai hutan ini membutuhkan nafas panjang karena jalan yang selalu menanjak dan melelahkan. Kembali kami bertemu dengan Elang berjambul yang mirip dengan Garuda. kali ini jarak pandang kami cukup dekat, cantik sekali. dia terbang berputar dan menghilang ke dalam vegetasi di sebuah lembah di sisi barat kami. Di hari ketiga kami datang lagi ke Alas tekek, namun tak juga kami menemukan sarang Elang Jawa.

Tanggal 4 Juni merupakan tanggal bersejarah karena temuan yang sangat mengejutkan sarang Elang Jawa aktif!. Suara elang tersebut terdengar cukup lama dan ribut yang membuat kami menemukan sarang tersebut. Terlihat sepasang Elang yang hanya ada di Jawa tersebut sedang sibuk menyantap hasil buruannya.lalu si jantan menaikki tubuh si betina, sekitar 6 detik mereka berkopulasi. Tanggal 4 Juni sangat berarti bagi kami dengan penemuan tersebut dan oleh karena itu kami sepakat bahwa tanggal tersebut merupakan tanggal berdirinya KUTILANG INDONESIA BIRDWATCHING CLUB.

Kegiatan Launching KIBC dilaksanakan dengan acara pameran foto burung-burung di alam dan diskusi-diskusi tentang Fotografi, blog dan pengamatan burung. Launching KIBC tersebut diselenggarakan di Taman Kuliner Yogyakarta jl. Anggajaya 3, Condongcatur 16-20 September 2008. Kegiatan pameran foto burung di alam mendapatkan respon positif dari sekitar orang 100 orang pengunjung pameran. KIBC mendapat lagi 3 orang anggota baru setelah acara pameran selesai. Dalam kegiatan tersebut terkumpul uang sumbangan sukarela sebesar Rp 35.750, -. Sponsor-sponsor yang membantu antara lain: Cotrek, Kedai digital, Shinta galeri, Berna Fortune Teller, Vito cave, Slulup dan sponsor perorangan: Medh yang membantu meminjamkan 5 buah pigura. Kini KIBC telah memiliki 19 Anggota yang terdiri dari mahasiswa, ornithologist dan pengusaha.

Wawan KIBC

Oktober 2008

5 Tanggapan to “Perss Release Kutilang Indonesia Birdwatching Club (KIBC)”

  1. arif ndoet Says:

    curang, fotoku gak dipasang to…

  2. Khaleb Yordan Says:

    wow…..aku tertarik ikut KIBC,, bayar kaga???
    Hmmmm……Tapi aku masih SMA…
    Tapi emang suka binatang..

  3. kutilang jogja Says:

    boleh juga, sip..ada beberapa temen SMA yang mau gabung juga

  4. ZHy Says:

    wah, udah mau setahun nih…… Maju terus KIBC!!!!

    Wah, ada temen yang sama-sama dari SMA..

  5. Zhy Says:

    Met Ultah KIBC, semoga tambah sukses!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: