Anakan Elang Jawa akan Menetas 17 Agustus 2009 (sebuah prediksi)

14 juni 2009 (5)14 juni 2009 (1)
Oleh: wawanKIBC
kibczone@yahoo.com

Alas tekek yang berada pada lereng selatan Merapi adalah sebuah kawasan dengan hutan yang cukup heterogen. Aktifitas gunung berapi yang sering terjadi agaknya tidak begitu mempengaruhi ketersediaan habitat bagi Elang Jawa (Spizaetus bartelsi). Terbukti dengan penemuan sarang aktif pada 4 Juni 2008 yang akhirnya menetaskan seekor Garuda kecil. Teramati anakan dengan bulu kapas yang masih putih bersih pertama kali 23 Juli 2008. Namun sayang, anakan hilang 25 Juli 2008 karena ada kemungkinan penculikan oleh Kera ekor-panjang (macaca fascicularis).
Di tahun 2009, pasangan ini mulai aktif di sarang pada bulan Mei dan sempat teramati melakukan kopulasi di dekat sarang. Setelah itu si jantan mulai aktif membawa ranting-ranting ke sarang sedangkan betinanya menunggu dengan setia di samping sarang. Si jantan mulai membujuk betina untuk ke sarang dan mencoba mengeram 21 Juni 2009. Pengamat mulai melihat tanda-tanda betina mau ke sarang dan mencoba mengeram 28 Juni 2009. Jarak yang cukup jauh (sekitar 70 M) membuat para pengamat kesulitan untuk melihat ke atas sarang sehingga mungkin ini yang menyebabkan telur tidak pernah teramati. Si betina teramati sangat inten di sarang, diam dan mungkin sudah mengeram mulai 11 Juli 2009. Pada waktu itu si betina hanya duduk di sarang selama berjam-jam menunggu si jantan pulang membawa makanan. Agak siang, biasanya si jantan ke sarang membawa makanan lalu si betina beranjak dari tempatnya dan makan. Si jantan menunggu si betina sampai selesai makan lalu kembali lagi mengeram, baru terbang.  Tanggal 12 Juli 2009 betina makan di luar sarang setelah mendapat panggilan dari si jantan. Si betina meninggalkan sarang sementara (sekitar 10 menit), kemudian kembali lagi mengeram diikuti si jantan yang tengger di samping sarang.
Menurut referensi, masa mengeram Elang Jawa antara 44-48 hari. Hal tersebut menjadi bahan acuan untuk membuat prediksi kapan menetasnya telur Elang Jawa di Alas tekek, Merapi. Tanggal 28 Juni, si betina teramati sudah nyaman di sarang, berarti sebentar lagi akan meletakkan telur kemungkinan 2-3 hari ke depan. Prediksinya, peletakan telur kemungkinan akan terjadi pada tanggal 1 Juli 2009 sehingga telur tersebut akan menetas antara 13-17 Agustus 2009.
Foto-foto 14 Juni 2009 :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: