Survey Raptor 24 mei 2009


oleh:Panji Gusti akbar (Z)
Pada hari sabtu, 24 mei 2009 kembali kami melakukan survey raptor di 2 tempat: Ganduman dan Alas Tekek. Kedua tempat ini berada di lereng selatan Gunung Merapi dan termasuk di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Kami measuki kawasan ini melalui jalur pendakian Kinahrejo, di utara kawasan wisata Kalikuning.

Saya(Panji) yang saat itu tertinggal rombongan akhirnya harus masuk ke kawasan TNGM melalui pintu Zona Pemanfaatan Telogo-Putri di Kaliurang. Dari sini saya harus mendaki bukit Plawangan dan kembali turun ke arah barat menuju Ganduman. Ketika mulai mendaki plawangan munculah sekelompok burung kecil di atas pohon, namun saya tidak dapat memastikan spesiesnya. Maklum, saya tidak membawa binokular. Kalau bukan Madu Gunung paling Cabai Gunung.

Ketika sampai di utara plawangan suasana sedikit gelap dan lembab. Terdengar beberapa ekor Cica daun di sela-sela kanopi pohon, namun lagi-lagi saya tidak dapat melihatnya secara jelas. Selain Cica daun juga terdengar suara serak khas Gagak, namun saya tidak berhasil menemukannya.

Di bawah tebing menuju Birdspot di Ganduman, terdengarlah suara Takur Tulngtumpuk yang khas. Burung ini sempat mengecoh saya, tapi saya tetap dapat melihatnya sekilas melintas di atas pohon. Selain itu saya juga sempat melihat gagak yang bertengger sebentar di tajuk pohon yang terbuka.

Di Birdspot yang semula saya kira kosong saya bertemu dengan rekan-rekan KIBC lainnya, sperti Mas Wawan, Mbak Sitta dkk. Di atas sinilah kami melihat seekor Sikep Madu Asia (Pernis ptilorhynchus) yang soaring sebentar sebelum akhirnya menghilang di balik bukit, namun akhirnya muncul kembali dan hilang lagi.

Hal yang paling spektakuler adalah disaat seekor Elang Jawa (Spizaetus bartelsii) yang terbang sangat dekat dengan kami, hanya sekitar 1,5 meter dari tempat kami duduk. awalnya kami tidak mengira bahwa Elang tersebut adalah Elang Jawa karena bagian punggung Elang tersebut terlihat sangat gelap. Namun setelah elang itu bertengger di tajuk pohon yang tertutup ranting barulah kami sadar bahwa Elang ini adalah Elang Jawa.

Butuh waktu yang lama untuk mencari tempat Elang ini bertengger, namun akhirnya Mbak Sitta menemukannya. Kami sempat merekam Elang ini membersihkan bulu-bulunya di tajuk pohon tadi hingga akhirnya ia terbang kembali ke arah timur. Cukup lama juga kami memperhatikan Elang ini.

Tepat pukul 12.00 kami turun kembali ke arah Kinehrejo. Di tepi Kalikuning hujan turun sehingga menyulitkan kami untuk kembali ke Kinahrejo. Kami sempat mendengar suara Elang Ular Bido (Spilornis cheela) disini. Akhirnya kami dapat kembali ke Kinahrejo dengan selamat tanpa kekurangan satupun, kecuali satu: Mas Gundul Hilang!!! Setelah ia kembali ke Kinahrejo, Mas Gundul langsung menceritakan pengalaman yang cukup menakutkan ketika tersasar.

Akhirnya setelah melepas lelah dan Pacet yang menempel dan menghisap darah beberapa anggota kami, kami melakukan makan siang ramai-ramai. Cukup menyenangkan, dan ketika pilang kami melihat Kekep Babi yang Soaring sebentar dia tas pondok. Burung yang sok berani ini dapat menyerang elang walaupun badannya kecil.

Hasil dari survey Raptor kali ini adalah jumlah Elang jawa diperkirakan 5 ekor di kawasan TNGM.

Elj

Foto di bidik dari puncak Ganduman 9 Mei 2009….Super Elja!!

3 Tanggapan to “Survey Raptor 24 mei 2009”

  1. Asman Says:

    “Di Birdspot yang semula saya kira kosong saya bertemu dengan rekan-rekan KIBC lainnya, sperti Mas Wawan, Mbak Sitta dkk. Di atas sinilah kami melihat seekor Sikep Madu Asia (Accipter virgatus) yang soaring sebentar sebelum akhirnya menghilang di balik bukit, namun akhirnya muncul kembali dan hilang lagi”.
    Koreksi. Sikep Madu Asia itu Pernis ptilorhynchus ptilorhynchus untuk yang sebaran di Jawa. P.p.torquarus yang sumatera kalimantan dan P.p.orientalis yang migrant,…

    Salam,..
    Asman
    RAIN

  2. kutilang jogja Says:

    terima kasih mas, atas koreksinya, dan salut akan kejeliannya (ternyata ada yang baca serius!) kalau RAIN kami percaya pakarnya, hehe…

  3. Zhy Says:

    Maaf.. saya memang kurang ahli ^_^

    Seingat saya accipter virgatus, ternyata bukan ya? maaf banget ya (pemula sih)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: